Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis?


“Cita-citamu penulis? Mau makan dari mana?”


Sekarang, kamu bisa menjawab bahwa kamu bisa makan dari mana saja dengan menulis. Bahkan, kamu bisa membeli apa saja, tentunya bila kamu tahu celah yang tepat untuk menggapai karier cemerlang dari aktivitas menulis.


Zaman berubah, dan tulisan tak sekadar tertuang dalam buku. Bukalah ponselmu, berselancarlah di Internet. Apa yang kamu lihat? Rangkaian kata-kata. Buka media sosialmu, di dekat foto, apa yang kamu baca? Ya tentu saja tulisan.


Tulisan tak sekadar menjadi penghibur diri semata di masa kini. Ia bisa menjelma jadi senjata pemasaran terkuat, ujung tombak yang menentukan laris tidaknya suatu produk. Tulisan jugalah yang membuat informasi penting dari satu tempat ke tempat lain tersampaikan dengan mudah. Bayangkan tanpa tulisan dengan tata bahasa yang benar, mau jadi apa dunia ini?


Lalu, bagaimana langkah agar kamu bisa mendapatkan uang dan karir cemerlang dari hobi menulis? Mari, simak tips kami.


1.Melamar sebagai pekerja di bidang penulisan

Apa yang ada di dalam benakmu saat mendengar kalimat ‘pekerja di bidang penulisan?’ Hmm, kebanyakan orang akan berpikir ke arah editor, atau penulis buku. Zaman sekarang, bidang penulisan jauh lebih bervariatif. Kamu bisa bekerja sebagai penulis konten untuk situs katering, situs ekonomi, jasa keuangan, jasa kesehatan, hingga media alternatif. Coba buka aplikasi pencari kerja seperti Jobstreet, niscaya kamu akan menemukan banyak perusahaan yang mencari penulis konten atau content writer.


Bukan sekadar content writer, kamu juga bisa bekerja di bidang sosial media dengan deskripsi pekerjaan menulis caption misalnya. Luas sekali bukan? Bahkan, ada banyak perusahaan yang mencari pekerja lepas di bidang menulis dengan bayaran cukup besar lho!


2. Menjadi blogger

Zaman dahulu, sulit bagimu untuk dikenal sebagai penulis. Setidaknya, kamu harus bisa menembus media besar atau menerbitkan buku di penerbit mayor. Proses seleksinya pun sangat ketat, bahkan terkadang mereka masih mengutamakan orang dekat atau penulis-penulis yang direkomendasikan.


Sekarang, tulisanmu bisa dibaca oleh siapa saja tanpa perlu dimuat di media-media besar. Ya, kamu hanya tinggal membuat blog dan memasarkannya dengan teknik SEO yang tepat. Kamu juga bisa mempromosikan tulisanmu itu di media sosial, lho. Asyik sekali bukan?


3. Menjadi pengajar

Kata siapa orang tidak butuh pengajaran menulis? Banyak orang yang kini ingin tahu cara menulis yang baik, terutama penulisan yang mampu menarik banyak orang dalam pemasaran digital (digital marketing).


Nah, kamu bisa membuka les/mengunggah video Youtube tentang bagaimana menulis yang baik. Bahkan, kamu bisa memberi les bahasa bila kamu punya kemampuan bahasa asing tertentu. Wah, apa hubungannya kemampuan bahasa asing dengan tulisan? Jelas ada. Kemampuan bahasa asing akan membuat tulisanmu semakin menarik dan kaya.


Nah, masih ragu dengan cita-cita sebagai penulis? Yuk kejar sekarang juga! Siapa bilang penulis tak bisa mengikuti perkembangan zaman?

Comments

Popular Posts