Tips Sukses dan Percaya Diri Untuk Introver





Rena Widyawati Hestina Putri
Instagram : @renawhp
Introver, salah satu jenis kepribadian yang diidentikkan dengan orang yang pendiam, suka mengurung diri, dan tidak suka dengan keramaian. Yap, hal tersebut memang benar, tetapi tidak semua orang yang berkepribadian introver berperilaku demikian. 
Mungkin ada beberapa yang awal mulanya dikira pendiam ternyata setelah mengenal lebih jauh bisa dibilang heboh saat ngobrol. Ada juga yang mengira bahwa anak introver itu bersikap dingin. Namun, dibalik sikapnya yang dingin seperti air es ia merupakan sosok yang penuh perhatian dan setia. Jika memiliki keinginan ia pun berusaha keras untuk dapat mewujudkannya.
Untuk memasuki dunia perkuliahan sang introver perlu mencoba keluar dari zona nyaman. Bukan berarti berusaha untuk menjadi orang lain, melainkan untuk mencoba menjadi diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri tentunya akan lebih mudah untuk mengetahui bakat dan minat yang dimiliki. 
Nahh, untuk kamu sang introver, lakukan tips sederhana berikut untuk mengembangkan dan mengasah skill kamu yang tentunya diperlukan saat memasuki dunia perkuliahan.
1. Ikuti Kata Hati
Untuk kamu sang introver yang merasa salah jurusan jangan berkecil hati. Jalani saja dunia perkuliahanmu dengan senang hati.
Pelan-pelan belajar dan berusaha menyesuaikan dengan jurusan yang kamu ambil. Jangan buang-buang waktu berpikir "apakah aku salah jurusan", tetapi maksimalkan usahamu dan jika perlu belajarlah dengan teman yang sekiranya kamu anggap lebih baik dalam penguasaan materi terlebih dalam hal praktik.
2. Kenali Bakat dan Minatmu
Hobimu apa sih? Waktu luang kamu isi apa? Nahh, itulah yang dinamakan hobi. Dengan mengetahui hobimu tentunya akan lebih mudah untuk mengetahui bakat dan minatmu. Misalnya, saat waktu luang kamu menulis diary atau menulis cerpen. Itu berhubungan dengan kepenulisan. Bisa saja kamu mengikuti lomba-lomba yang tersebar dalam media online. Banyak lho yang mengadakan event tentang lomba menulis, misalnya menulis cerpen, puisi, atau bahkan artikel. 
Selama kamu terus konsisten dalam melakukan hobi tentunya bakatmu akan muncul sendiri. Jangan ragukan kemampuanmu. Jika memang suka menulis, maka menulislah. Jadikan dirimu berbeda, tetapi mempunyai makna!
3. Membangun Relasi dengan Ikut Organisasi
Perlunya keluar dari zona nyaman untuk mampu bekerja dalam sebuah team. Mungkin kamu berpikir bahwa kamu terlambat untuk mengikuti organisasi karena sewaktu SMA sama sekali  tidak ikut organisasi. Jangan salah, kehidupan kuliah selain menuntut kamu untuk belajar mandiri juga banyak kegiatan yang membutuhkan bantuan teman, misalnya saat pengerjaan tugas maupun saat berakhirnya masa kuliah seperti KKN. Di situ mengajarkan bahwa perlunya ikut organisasi. Selain menambah relasi pastinya juga menambah pengalaman dan skill yang dibutuhkan saat memasuki dunia kerja. 
Dalam kelompok juga mengajarkan pentingnya kerja sama antaranggota dan juga kepandaian dalam membagi waktu antara tugas kuliah dan acara organisasi. Untuk kamu sang introver, jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru. Yakin bahwa kamu bisa dengan tetap menjadi diri kamu sendiri. Ingat, berani beda itu istimewa!
4. Manfaatkan Waktu Luang dengan Job Parttime/Lepas
Untuk mengisi kekosongan waktu, misalnya saat libur semesteran carilah pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Misalnya, tutor bimbel, penulis lepas, dll. Untuk kamu sang introver boleh dicoba dengan mengasah kemampuanmu dalam hal kepenulisan. 
Coba ikuti media online yang mengadakan event tentang penerbitan karya tulis, misalnya puisi, cerpen, atau artikel. Lumayan jika karya kamu diterbitkan bisa menambah penghasilan yang tentunya sangat kamu butuhkan terlebih jka kamu anak rantau.

Itu dia beberapa tips sederhana untukmu sang introver. Belajarlah pelan-pelan untuk mencoba hal-hal baru dan tingkatkan kualitas dirimu supaya bisa bersaing dalam dunia yang kreatif dan tentunya inovatif. Jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri dan terbukalah akan kritik dan saran yang siap membangun kamu untuk menjadi lebih baik. Terima kasih. 

Comments

Popular Posts